Home » , » Penyebab Laptop Mati Total

Penyebab Laptop Mati Total

penyebab laptop mati total


Penyebab Laptop Mati Total

Service Laptop Malang


Kebutuhan laptop atau notebook pada golongan umur produktivitas seperti pelajar, mahasiswa dan pekerja  saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang utama untuk mendukung segala aktifitas dan kegiatan. apalagi saat ini jaringan internet sudah sangat mudah di dapatkan, tentu menggunakan laptop lebih di sukai orang karena mudah di bawa, mendukung segala aktifitas komunikasi, pekerjaan bahkan hiburan.


Berbagai jenis, merk, kualitas dan spesifikasi laptop beredar di indonesia,  berbagai macam model dan jenis nya, tentu juga dengan beragai macam juga permasalahannya. Karena sesuai judul postingan saat ini " Penyebab Laptop Mati Total " maka kita bahas adalah penyebab secara teknis pada semua laptop. 

Saya bisa mengatakan semua laptop atau notebook, karena pada prinsip dasar sistem alur schematic yang di buat berbagai macam merek adalah sama. Entah itu Toshiba, Acerhp compaq atau pun axioo.

Kerusakan pada laptop dapat di kategorikan menjadi dua poin utama, laptop mati total atau laptop no display, istilah umumnya adalah " blank on ", baca posting Laptop blank on. Laptop mati total dapat di artikan bahwa laptop tidak menjalankan sistem power suply nya atau dikenal sistem power down, tidak ada indikator sama sekali sewaktu laptop di tekan tombol powernya.  

Hal ini terjadi karena masukan power dc dari adaptor tidak sampai pada sistem power suply stanby laptop. Penyebabnya berbagai macam yang saling berkaitan, beberapa penyebab mendasar yang terjadi pada umum nya di semua laptop adalah :


dc connector laptop


DC Conector Rusak

Dc connector adalah sparepart laptop yang berfungsi sebagai penghubung adaptor dengan laptop. Kerusakan terjadi karena lepas tancap yang tidak benar, posisi pemasangan connector yang tidak pas dan di paksa. Sehingga menyebabkan dudukan connector pada laptop sering goyang, hal ini juga beberapa kali terjadi pada kasus di tempat service laptop .


service laptop dc conector rusak














Short 19 volt


Short 19 volt atau hubungan arus pendek pada tegangan 19v. Karena tegangan 19 volt adalah tegangan input dari adaptor laptop. Maka bila terjadi konslet menyebabkan sistem input tegangan drop. Kerusakan ini terjadi pada komponen komponen dalam mainboard laptop. Kebanyakan terjadi pada capasitor capasitor nya, kerusakan seperti ini dapat di amati. 

Jika adaptor original laptop mempunyai lampu led, waktu kita tancapkan power adaptor ke laptop lampu led akan berkedip. Ini terjadi karena sistem proteksi pada adaptor bekerja memutus tegangan bila terjadi konsleting.

Kerusakan pada Ic Power

Ic Power yang saya maksud adalah Ic power di dalam rangkain motherboard yang pertama kali menerima input tegangan 19v. Ic ini sebagai pintu buka tutup power laptop, dari baterai laptop dan adaptor / charger. Bila rangkaian dalam power suply utama ini yang di gerakkan oleh ic power rusak, maka aliran dc listrik tidak akan menyebar kesemua komponen laptop.


3 hal diatas yang umumnya pernah saya jumpai pada kerusakan laptop mati total umumnya. Meskipun beberapa kasus kerusakan tidak terjadi pada tiga hal tersebut, terjadi pada kasus kasus yang bersifat rumit dan perlu pengecekan yang mendetail. Kasus seperti ini tidak saya jabar kan disini karena akan akan memakan beberapa lembar dan waktu yang lama. Lebih baiknya bisa di cek kan kepada tempat service laptop terdekat di kota anda.

Segera kunjungi tempat service laptop di Malang kami.

ALAMAT SERVICE LAPTOP MALANG :

MITRA MEDIA COMPUTER


Jl. Simpang Borobudur No.17C, Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur 65142.

Lokasi store tepatnya di belakang kantor Pos Borobudur.
Tlp. 0341 - 475549 / 085649927893 ( sms / wa ).

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, silahkan tinggalkan komentar yang positif untuk membuat blog ini lebih baik

komentar

Diberdayakan oleh Blogger.